Momen Peringatan Isra Mi’raj, Seksi Sosial RW 021 Kayuringin Jaya Bersama 3 DKM Masjid Menggelar Santunan 153 Anak Yatim

Terkini.id, Kota Bekasi – Kolaborasi Seksi Sosial RW 021 dengan 3 DKM Masjid yakni Masjid Al Anshor, Masjid Ar Ridho dan Masjid Nurul Ihsan terus terjalin.

Bertempat di Masjid Al Anshor RW 022, kembali digelar santunan anak yatim dengan mengundang 153 anak yatim, pada Sabtu 12 Maret 2022.

Seperti biasa, Hadir pada kesempatan tersebut Ketua Seksi Sosial RW 021 H Irfangi, Ketua Yayasan Al Anshor  H Hengki Brahmantio, Ketua DKM Masjid Ar Ridho H Muhammad Bakri Hasan, Ketua DKM Masjid Nurul Ihsan Arifin Hararap dan Babinsa Kayuringin Jaya Serka Sutrisno.

Ketua Yayasan Al Anshor H Hengki Brahmantio. Foto: Hatta.

Baca Juga: Lomba Kampung Siaga, RW 021 BSK Kayuringin Terima Kehadiran Tim...

Sebelum pembagian uang santunan dan paket sembako, acara diisi dengan ceramah agama yang dibawakan oleh Ustaz H Husein Usman.

Husein Usman dalam ceramahnya di hadapan ratusan anak yatim yang memenuhi ruang masjid menjelaskan makna Isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW dan hubungannya dengan perintah salat bagi umat Islam.

Baca Juga: Lurah Ricky Suhendar Hadiri Santunan Anak Yatim di Masjid Al...

Menurutnya Isra Miraj adalah awal perintah salat lima waktu yang diterima oleh Nabi Muhammad SAW kepada umat Islam.

“Karena itulah perintah yang diterima langsung Rasulullah dari Allah SWT tanpa perantara malaikat Jibril. Itu perintah Salat,” jelasnya.

Husein Usman menambahkan, Isra Miraj itu kata kuncinya ada di salat lima waktu barang siapa ingin sukses maka jalani salat lima waktu di awal waktu.

“Bila diabaikan maka ia akan gagal dalam kehidupan dan timbul penyesalan nantinya. sebaliknya yang mendirikan salat akan bahagia dunia dan akhirat,” tutupnya.

Sementara itu, Ketua Yayasan Masjid Al Anshor Hengki Brahmantio mengungkapkan bahwa kegiatan santunan rutin tidak lepas dari peran serta dan dukungan para donatur. Informasi menjelang santunan biasanya disebar melalui grup whatsapp warga. 

“Sekarang kan medianya sudah pake WA jadi kita punya WA grup jamaah masjid biasanya kita informasikan,” ucapnya.

“Alhamdulillah media WA ini membantu untuk menginformasikan kegiatan seperti ini,” tutupnya.

Senada dengan itu, H Muhammad Bakri Hasan juga menyampaikan bahwa sosialisasi kegiatan sudah dilakukan jauh-jauh hari secara intens selain melalui pesan whatsapp juga dengan tatap muka.

“Pada Umumnya donatur merespon dengan baik,” ungkapnya.

Menurutnya, donatur secara konsisten membantu setiap kegiatan yang dilakukan di lingkungannya.

Sementara itu, Ketua Seksi Sosial RW 021 menyebutkan bahwa tidak hanya santunan, namun ada kegiatan pendidikan berupa siraman rohani kepada anak-anak yatim sesaat sebelum santunan dilakukan.

“Seperti tadi ada pengajian cukup lama setengah jam lebih 35 menit pengajian itu jadi tidak hanya santunan saja tapi ada pelajaran buat mereka terutama salat dan ngaji,” ungkapnya.

Ketua DKM Masjid Nurul Ihsan Arifin Hararap. Foto:hat.

Pada kesempatan yang sama, Ketua DKM Masjid Nurul Ihsan, Arifin Harahap memberikan apresiasi sekaligus terinpirasi dengan adanya kegiatan santunan rutin tersebut.

“Kegiatan ini adalah kegiatan yang sangat luar biasa apalagi menjelang bulan suci Ramadan,” ucapnya.

“menjadi terinspirasi, Saya sebagai ketua DKM belajar banyak sama dengan ketua DKM dan ketua Yayasan Al Anshor dan Ar Ridho dan ini kerjasama yang dibangun ketiganya luar biasa sangat baik dan komunikasinya juga sangat lancar,” imbuhnya. 

Arifin  berharap kegiatan yang sama bisa segera dilaksanakan di lingkungannya.

Jumlah anak yatim yang disantuni sebanyak 153 orang berasal dari 16 RW di Kelurahan Kayuringin Jaya.

Bagikan