Fahmi Sriwijaya Merantau ke Jakarta Kembangkan Seni Budaya Nusantara

Terkini.id, Jakarta – Fahmi merantau dari Palembang ke Jakarta bukan tanpa alasan, dia memiliki tekad dan cita-cita untuk mengembangkan seni dan budaya nusantara khususnya Palembang tempat kelahirannya.

Untuk mewujudkan impiannya, Fahmi mendirikan sebuah sanggar yang diberi nama Fahmi Sriwijaya Dancer. Di sinilah, Fahmi melatih tari untuk berbagai kalangan mulai dari anak kecil hingga orang dewasa, individu maupun instansi perusahaan.

Prestasi demi prestasi ia telah raih sejak baik skala lokal maupun nasional. Bahkan, ia mengaku pernah membawa timnya tampil di depan Presiden Jokowi. Ini merupakan sebuah kebanggaan tersendiri bagi Fahmi.

Fahmi Sriwijaya (tengah) bersama juri lainnya dalam Lomba Tari Kreasi Nusantara di TMII Jakarta, Minggu 14 Maret 2021. (Hatta)

Ternyata, darah seni mengalir dari ayah dan ibunua bahkan dari kakeknya. Ayahnya adalah seorang pelawak lokal di Palembang Sumatera Selatan, sementara ibunya adalah seorang penyanyi. Kakeknya adalah pencipta lagu Melati Karangan, dan Gending Sriwijaya.

“Sebenarnya (bakat) saya itu dari keluarga. Keluarga saya kalau di Palembang itu keluarga seniman jadi ibu penyanyi dan bapak pelawak,” tutur Fahmi saat ditemui usai menjadi juri di Lomba Tari Kreasi Nusatara Tingkat Nasional di Kawasan Taman Mini Indonesia Indonesia (TMII), pada Minggu, 14 Maret 2021.

Lelaki kelahiran Palembang 24 Mei 1981 ini mengaku awalnya ditempa oleh keluarga menjadi seorang penyanyi bukan penari, namun seiring berjalannya waktu, ia lebih banyak menghabiskan waktunya belajar menari hingga menjadi penari profesional dan bisa mendirikan sanggar sendiri.

Tiga kali  berturut-turut meraih juara nasional lomba tari dalam Porseni BUMN, Juara Vocal Group selama 11 tahun berturut-turut bukanlah prestasi yang biasa bagi anak perantau Palembang tersebut. Ia telah sukses mengharumkan nama Palembang di kancah nasional.

“Jadi waktu itu disuruh nari di depan presiden Republik Indonesia Bapak Jokowi itu hari tabung nasional disuruh nari dari salah satu bank, jadi anak didik saya bank BTN ini yang membuat saya bangga,” sambungnya.

Kini, Fahmi tidak berhenti di bidang seni tari namun merambah ke dunia tarik suara. Lagu-lagu yang dinyanyikan ciptaan dari kakeknya bernama Nungcik Alidin dan juga ayahnya bernama Syarifuddin, selain itu juga  meng-cover lagu penyanyi-penyanyi terkenal seperti Rhoma irama, untuk lebih tau lagi sosok Fahmi  bisa disaksikan di channelnya Fahmi Sriwijaya. (hat)

Bagikan