BEM Fakultas Psikologi Universitas Gunadarma Gelar Psikologi Mengajar di Yayasan Alpha Indonesia

UNIVERSITAS GUNADARMA
Kegiatan Mengajar dilakukan para mahasiswa untuk adik-adik yatim dan dhuafa binaan yayasan Alpha Indonesia Jakarta, pada Senin 8 Maret 2021. (hatta).

Terkini.id, Jakarta – Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Psikologi Universitas Gunadarma Depok melakukan kunjungan ke Sekretariat Yayasan Alpha Indonesia (YAI) di Jalan Swadaya 1 RT.009 RW 001 Kelurahan Pondok Ranggon,  Kecamatan Cipayung, Jakarta Timur, pada Senin 8 Maret 2021. 

Kunjungan tersebut merupakan rangkaian acara Psikologi Mengajar  dengan tema “Spread Love Not Germs” yang ditujukan untuk anak-anak yatim dan dhuafa binaan Yayasan Alpha Indonesia.

Rombongan yang  dipimpin oleh Irfan Maulana Kurniawan memberikan sosialisasi dan edukasi tentang menjaga kesehatan dan kebersihan diri dan lingkungan di masa pandemi. 

Kegiatan Psikologi Mengajar merupakan Program Kerja dari BEM Fakultas Psikologi Universitas Gunadarma Depok sebagai sarana  pembelajaran mahasiswa sekaligus pemberdayaan kepada masyarakat sekitar. 

Kegiatan Mengajar dilakukan para mahasiswa untuk adik-adik yatim dan dhuafa binaan yayasan Alpha Indonesia Jakarta, pada Senin 8 Maret 2021. (hatta).

Sejumlah kuis, game interaktif bernilai edukasi disajikan ke hadapan anak-anak terkait kesehatan dan pengetahuan lingkungan hidup seperti pentingnya menjaga protokol kesehatan di antaranya mencuci tangan dengan sabun. 

Dalam salah satu tayangan video, seorang mahasiswi memperagakan uji coba dengan menggunakan empat buah roti guna menguji dampak sentuhan tangan yang sudah dicuci, yang menggunakan hand sanitizer dan tangan yang kotor tanpa cuci tangan.

Hasilnya, tangan yang dicuci menggunakan sabun dan air yang mengalir jauh lebih bersih dibanding tangan yang hanya menggunakan hand sanitizer. 

Pada pembelajaran lainnya, peserta juga ditunjukkan dalam sebuah percobaan proses terjadinya gunung meletus dan cara melunakkan cangkang telur dengan menggunakan air cuka dan berbagai materi edukasi lainnya. 

Peserta terlihat antusias dan gembira mengikuti satu persatu permainan dan edukasi yang diberikan oleh para mahasiswa yang dipandu oleh Manda dan Alfi. 

“Ingin memberi edukasi kepada adik-adik dari Yayasan Alpha Indonesia supaya bisa membedakan mana bakteri dan virus,” ucap Irfan. 

Irfan yang juga sebagai Ketua BEM Fakultas Psikologi Universitas Gunadarma ini menambahkan, bahwa kegiatan tersebut adalah bagian dari program kerja dari BEM Fakultas yang sudah rutin berjalan setiap tahun. 

“Harapannya semoga adik-adik di sini selalu waspada (pandemi) dengan selalu menjaga kesehatan dan kebersihan dan materi yang disajikan bisa bermanfaat,” pungkasnya.

Perwakilan Yayasan Alpha Indonesia Ina Turinah  menyerahkan Piagam penghargaan kepada Ketua BEM Fakultas Psikologi Universitas Gunadarma Irfan Maulana di  yayasan Alpha Indonesia Jakarta, pada Senin 8 Maret 2021. (hatta).

Sementara perwakilan Yayasan Alpha Indonesia Ina Turinah menyampaikan terima kasih kepada para mahasiswa yang telah berbagi ilmu dan bingkisan untuk adik-adik yatim dan dhuafa. 

“Mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Fakultas Psikologi Universitas Gunadarma yang telah bersinergi dan memberikan materi-materi yang sangat luar biasa untuk anak-anak di Yayasan Alpha Indonesia semoga bisa berkelanjutan dan menjadi amal soleh dan pahala buat kakak-kakak mahasiswa,” ucap Ina. 

Materi presentasi disajikan dalam bentuk video yang tersambung dengan aplikasi zoom sehingga kegiatan bisa diikuti mahasiswa dan dosen secara online di tempat lain. 

Memanfaatkan dalam bentuk visualisasi video dan praktik langsung seperti pengenalan tentang virus dan kuman serta pentingnya menjaga kebersihan tangan sebelum makan. 

Anak-anak tampak antusias mengikuti setiap game dan edukasi yang diberikan oleh para mahasiswa dari berbagai semester tersebut. (hat) 

Konten Bersponsor

Berita lainnya

Yayasan Mutiara Harapan Sejahtera Luncurkan Program Pemberdayaan Yatim dan Dhuafa

Ibu-ibu Penggerak Ketahanan Pangan Keluarga RW 026 Kelurahan Pejuang Kecamatan Medan Satria Kota

Ibu Yulianti Founder Rumah Belajar Cahaya Generasi Amanah Didik Anak Berkebutuhan Khusus

Sehat dan Produktif di Masa pandemi, Warga RW 26 Kelurahan Pejuang Bekasi Layak Dicontoh

Pemberdayaan Masyarakat di Masa Pandemi, Rindang Indonesia Bentuk P3MI

Komentar

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar