Begini Cara Danpusterad Meningkatkan Sinergitas Terhadap Media Massa

Danpusterad
Sarasehan Pusterad dengan Media Massa bertempat di Ballroom Lantai 3 Hotel Horison Bekasi, Rabu 18 November 2020.

Terkini.id, Bekasi – Informasi sangat penting sebagai sarana dalam interaksi di tengah kehidupan mayarakat. Kecepatan informasi yang didukung perkembangan teknologi merupakan kebutuhan keseharian dalam kehidupan sosial masyarakat yang dapat dikonsumsi dalam bentuk berita baik melalui media cetak, elektronik maupun online.

Demikian disampaikan Komandan Pusat Teritorial TNI Angkatan Darat, Letnan Jenderal TNI Wisnoe P.B. saat membuka Sarasehan Pusterad dengan Media Massa bertempat di Ballroom Lantai 3 Hotel Horison Bekasi, Rabu 18 November 2020.                  

Danpusterad selanjutnya menjelaskan, bahwa melalui pemberitaan yang tepat dan akurat dapat dijadikan sebagai sarana dalam pengambilan kebijakan, meningkatkan pengetahuan masyarakat dan bahkan membangun karakter bangsa.

“Di era revolusi industri 4.0 kecepatan informasi menjadi kebutuhan yang sangat penting bagi masyarakat. Peran media massa yang memanfaatkan perkembangan teknologi informasi dapat dijadikan sarana dalam menyampaikan program dan kebijakan serta visi dan misi pembangunan guna mewujudkan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia,” urainya.

“Untuk itu Binter TNI AD yang senantiasa mendukung program pembangunan fisik maupun non fisik perlu disinergikan dengan pemberitaan media massa di seluruh tanah air, sehingga timbul komitmen bersama dalam membangun bangsa indonesia,” sambung Jenderal Bintang Tiga ini.

Lebih jauh Jenderal Wisnoe, menegaskan bahwa seluruh komponen bangsa berkewajiban untuk mengantisipasi berbagai ancaman yang terjadi terhadap kondisi bangsa saat ini.

TNI AD melalui unsur satuan komando kewilayahan (Satkowil) dengan didukung media massa memiliki peran yang vital dalam melaksanakan pembinaan ketahanan masyarakat melalui penyelenggaraan Binter.

Kegiatan Binter yang berkolaborasi dengan media massa diharapkan dapat mengedukasi seluruh lapisan masyarakat sehingga terwujud ketahanan nasional yang tangguh.

Di akhir sambutannya, Danpusterad berharap melalui acara sarasehan ini, Pusterad dengan media massa diharapkan dapat memperoleh masukan dan saran dalam menyusun strategi penyelenggaraan Binter di era modern yang didukung media massa, sehingga terwujud kemanunggalan TNI – rakyat dalam rangka mendukung pembangunan nasional.

Media massa sebagai wahana penyampaian informasi dan edukasi bagi masyarakat, merupakan motor penggerak yang sangat dahsyat bagi negara dalam membangun jati diri dan karakter bangsa. “Sinergitas TNI AD dengan media massa sangat penting dalam membangun negeri, untuk bersama-sama TNI dalam ikut menjaga kedaulatan dan keutuhan NKRI,” tegas Danpusterad.                                                                       

Kegiatan yang dikemas dalam suasana santai dengan tetap menerapkan protokol kesehatan ketat di tengah situasi pandemi Covid-19 ini, menghadirkan tiga Narasumber yaitu Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo RI) diwakili Dirjen IKP oleh Prof. Dr. Widodo Muktio menyampaikan materi “Sinergitas Media Massa dengan TNI AD dalam Publikasi Binter di Era Revolusi Industri 4.0.

Kemudian narasumber kedua yakni Ketua Dewan Pers Prof. M. Nuh dengan materi “Media Massa Sebagai Wahana Edukasi Masyarakat Guna Memperkokoh Persatuan Dan Kesatuan Bangsa”.

Dan narasumber ketiga yakni Pakar Komunikasi dari UNPAD Bandung, Abie Besman, S.Sos., M.Si yang menyampaikan materi “Peran Media Massa Dalam Mewujudkan Stabilitas Pembangunan Nasional”. Sarasehan tersebut dipandu oleh moderator Dr. Margaretha Hanita S.H., M.Si.

Pada kesempatan tersebut, Widodo Muktio menyampaikan bahwa komunikasi adalah darah kehidupan ( life blood).

Apabila komunikasi tidak tersampaikan dengan baik dapat melahirkan disharmoni dalam interaksi sosial di tengah masyarakat. Seiring dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang demikian dinamis, kini banyak berkembang hoaks…

Konten Bersponsor

Berita lainnya

Babak Baru Kasus Dugaan Perbuatan Asusila Ketua DPC PPP Kabupaten Dompu

Dugaan Perbuatan Asusila Ketua DPC Dompu, Ujian bagi Ketua PPP Suharso Monoarfa

Wakapolsek Pondok Gede Hadiri Santunan di Asrama Yatim Yayasan Rindang Indonesia

Sertijab Kepala Lapas Klas IIA Bekasi yang Baru

Pembangunan Pesantren Tahfiz Yatim Program Yayasan Mandiri Amanah Tahun 2021

Komentar

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar