Kali Dipenuhi Tumpukan Sampah, Lurah Kayuringin Jaya Ricky Suhendar Turun Tangan

Lurah Kayuringin Jaya Ricky
Kerja Bakti Warga Kelurahan Kayuringin Jaya. Foto : Hatta.

Terkini.id, Kota Bekasi – Lurah Kayuringin Jaya Ricky Suhendar terjun langsung memimpin warganya melakukan kerja bakti membersihkan sampah yang memenuhi saluran air di Kali Jati, Letnan Arsyad, Bekasi, pada Selasa, 3 November 2020.

Lokasi kegiatan di pusatkan di Kali Jati Jalan Letnan Arsyad RT 1 RW 014 Kelurahan Kayuringin Jaya dihadiri sekira 200 warga. 

Di Kali Jati yang aliran airnya melewati sejumlah wilayah di Kayuringin tampak gundukan sampah plastik, kayu, botol dan sedimentasi lumpur. Jika dibiarkan akan menyebabkan banjir parah di wilayah Kayuringin. Seperti yang pernah terjadi sebelumnya. 

Selain Lurah Kayuringin Jaya Ricky Suhendar Ricky, turut hadir juga Sekel Kayuringin Agus H Mamun, Ketua DPD LDII H Ari Wijanarko, Ketua PC LDII Bekasi Selatan H Basri Barohima, Ketua PAC H Suroso dan sejumlah anggota ormas lainnya. 

Lurah Ricky usai kegiatan mengungkapkan, kegiatan kerja bakti ini adalah wujud pelaksanaan K3 LH (Kesehatan dan Keselamatan Kerja dan Lingkungan hidup yang dinilainya sebagai kewajiban bersama semua elemen tidak hanya aparat pemerintah namun juga masyarakat di  Kelurahan Kayuringin Jaya. 

Lurah Kayuringin Jaya Ricky Suhendar memberi keterangan pers usai kegiatan kerja bakti. Foto : Hatta.

Pada kesempatan itu juga Lurah Ricky menyoroti kebiasaan warganya yang membuang sampah seenaknya di Kali. Ia menyebut tindakan tersebut sebagai perilaku tidak terpuji atau bandel. 

“Kita memberikan shock therapy pada masyarakat yang masih banyak yang bandel yang membuang sampah secara liar khususnya ke Kali Jati Jalan Letnan Arsyad ini,” tegasnya. 

Selain sebagai peringatan, Dia juga ingin memberi contoh pada masyarakat bahwa kewajiban K3 adalah tugas semua orang yang tinggal dan beraktivitas di Kelurahan Kayuringin Jaya.

Lurah Ricky memberi apresiasi atas keterlibatan sejumlah elemen warga di antaranya warga, pengurus RT dan RW, ormas termasuk LDII Bekasi Selatan yang mengirim 100 orang personilnya.

Dia berjanji kegiatan serupa termasuk normalisasi kali akan terus digalakkan guna mengantisipasi datangnya banjir di musim penghujan ini. 

“Saya menginginkan kepedulian masyarakat akan lingkungan bukan sekadar menumpang usaha menumpang tempat tinggal tapi juga harus membantu kami juga merawat lingkungan hidup,” pungkasnya.

Sementara itu, Ketua DPD LDII Ari Wijanarko menegaskan dirinya bersama warga LDII lainnya bersedia mendukung seluruh program dan kegiatan kelurahan termasuk kerja bakti. 

“Sesuai arahan dari kelurahan (Lurah) Kayuringin Jaya untuk membantu program pemerintah di dalam lingkungan yang bersih kami mendukung. Kita sebagai masyarakat, warga negara Indonesia harus mendukung semua kegiatan-kegiatan pemerintah terutama untuk kepentingan kita bersama,” ungkapnya. 

Lebih lanjut Ari mengajak warga untuk tidak membuang sampah di sungai. “Yang penting buat kita adalah masyarakat kita sendiri harus sadar bahwa sungai itu bukan tempat untuk buang sampah,” imbuhnya. 

Secara khusus dia mengapresiasi keterlibatan pengurus dan anggota LDII PAC Kayuringin Jaya dalam kerja bakti tersebut. “Dan kami dari DPD siap mendukung kapanpun ada kegiatan seperti ini, atau kegiatan lain dalam rangka mendukung progra pemerintahan,” tandasnya. 

Konten Bersponsor

Berita lainnya

Babak Baru Kasus Dugaan Perbuatan Asusila Ketua DPC PPP Kabupaten Dompu

Dugaan Perbuatan Asusila Ketua DPC Dompu, Ujian bagi Ketua PPP Suharso Monoarfa

Wakapolsek Pondok Gede Hadiri Santunan di Asrama Yatim Yayasan Rindang Indonesia

Sertijab Kepala Lapas Klas IIA Bekasi yang Baru

Pembangunan Pesantren Tahfiz Yatim Program Yayasan Mandiri Amanah Tahun 2021

Komentar

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar