Inilah Cara Kreatif Amalludin dan Warga RW 02 Papanggo Ciptakan Kampung Zona Hijau Bebas Covid-19

Terkini.id, Jakarta – Berpakain APD warna Putih lengkap dengan masker, helmet dan sepatu boat, Amalludin memimpin langsung kegiatan penyemprotan disinfektan ke rumah-rumah warga yang tinggal di lingkungan RW 02 Kelurahan Papanggo Kecamatan Tanjung Priok Jakarta Utara, Minggu, 31 Mei 2020, pagi.

Selaku Ketua RW 02, Amalludin merasa bertanggung jawab menjaga lingkungan dan warganya dari paparan Virus Corona Covid-19 yang melanda wilayah Jakarta.

Selain kegiatan penyemprotan, Amal bersama seluruh jajaran pengurus RW dan RT juga melakukan karantina wilayah, pengukuran suhu tubuh dan pemberian edukasi dan sosialisasi.

Kegiatan penyemprotan dan screening warga rutin dilakukan dua kali seminggu di ke rumah-rumah warga dan tempat ibadah. Tim satgas juga memantau warga yang baru saja datang dari daerah.

“Ini penyemprotan massal usai lebaran memang program kita RW 02 mulai dari dua setengah bulan yang lalu kita sudah rutin,” kata Amal.

Sementara bagi warga yang baru datang dari kampung, kata Amal dilakukan pemantauan dan pemeriksaan Surat Izin Keluar Masuk (SIKM) Wilayah Jakarta.

“Sesuai dengan Pergub (Peraturan Gubernur, red) harus mewajibkan Surat Izin Keluar Masuk (SIKM) artinya RT-RT menyosialisasikan kepada warga yang baru mudik dan dilakukan isolasi awal tiga hari untuk melihat kondisi kesehatan dan imunitas mereka,” lanjutnya.

Purwanto, Tokoh masyarakat setempat dan ketua RW 02 Papanggo. Foto : Hatta

Di mata warga, Amalludin dikenal sebagai sosok pemimpin yang kreatif, supel dan melayani warganya. Banyak program-program pro warga yang digelontor pria usia 40 tahun tersebut.

“Yang pasti kalau dari segi kepemimpinan (Amalludin) saya tidak ragu lagi. Tidak ada masalah untuk pelayanan,”ungkap Puwanto salah satu tokoh masyarakat setempat.

Purwanto menilai keberhasilan program yang dijalankan Jajaran pengurus RW 02 khususnya dalam penanganan Pandemi Covid-19 adalah sinergi antara berbagai elemen pemerintah dan masyarakat.

“Kader-kader di pengurusan RW semuanya siap disamping itu juga dibentuk satgas yang bekerjasama dengan karang taruna dan semua elemen kepengurusan plus tokoh masyarakat,” kata Purwanto.

Diketahui, sejumlah program kreatif bernilai ekonomis dan ramah lingkungan diantaranya program Bank Sampah (Pilah Sampah dari Rumah), program penghijauan, dan kebersihan dan kesehatan.

Berkat tangan dinginnya, Kampung Warna-warni RW 02 berhasil meraih sejumlah penghargaan sebagai Kampung Iklim yang bersih sehat, dan rindang di Jakarta.

Catatan lainnya, jauh-jauh hari sebelum pemerintah memberlakukan PSBB, warga RW 02 Papanggo sudah lebih dulu melakukan karantina wilayah dengan membuat portal dan check point swadaya.

Hasilnya, 15 RT dan 1200-an KK di Lingkungan RW 02 tetap zona hijau yang mana tidak satu pun warganya terpapar virus corona (Covid-19). Cek Video

.

Bagikan