Ringankan Beban Warga Terdampak Covid-19, Yayasan Rindang Gelar Baksos Door to Door
Komentar

Ringankan Beban Warga Terdampak Covid-19, Yayasan Rindang Gelar Baksos Door to Door

Komentar

Terkini.id, Bekasi – Karantina wilayah dan pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) akibat mewabahnya Virus Corona (Covid-19) membuat banyak masyarakat terdampak.

Hal tersebut secara langsung berpengaruh pada mata pencarian warga, baik karyawan, profesional, maupun pedagang. Semua terkena imbasnya. Dampaknya sangat terasa terutama kalangan ekonomi menengah ke bawah.

Yayasan Rindang Indonesia sebagai Yayasan sosial dan kemanusiaan terketuk untuk bergerak membantu meringankan beban warga sekitar yang terdampak Covid-19 di lingkungan yayasan dan asrma yatim Jatimakmur.

Sejumlah aksi sosial dilakukan Yayasan Rindang Indonesia seperti kegiatan santunan pada anak-anak yatim dhuafa binaan dan bantuan alat semprot fogging dan disinfektan serta kegiatan sosial lainnya.

Ringankan Beban Warga Terdampak Covid-19, Yayasan Rindang Gelar Baksos Door to Door
Salah seorang relawan Rindang membagikan Paket sembako dan Uang Tunai pada warga tidak mampu di lingkungan sekitar. Foto : Dokpri

Untuk pembagian paket sembako dilakukan door to door ke rumah-rumah warga sebagai bagian dari physical distancing menjaga kerumunan warga.

Kegiatan sosial pertama dilakukan pada, Minggu, 29 Maret 2020 dengan membagikan 100 Paket Sembako dan uang tunai, kepada warga RW 013 Pondok Melati.

Dilanjutkan penyaluran tahap 2 pada Minggu, 5 April 2020 dengan mendistribusikan 165 paket sembako dan uang tunai kepada 165 warga tidak mampu (mustahik) yang tinggal di sekitar yayasan kelurahan Jatirahayu, Pondok Melati, Bekasi dan Asrama Kel. Jatimakmur, Pondok Gede, Kota Bekasi.

Seluruh kegiatan berlangsung kondusif, aman dan lancar berkat dukungan aparat Babinsa dan Bimaspol setempat serta jajaran pengurus RT- RW.

Total sampai saat ini, Yayasan Rindang sudah mendistribusikan bantuan sembako dan uang tunai sejumlam 265 yatim dan dhuafa.

Usup Suparman selaku ketua panitia disela kegiatan pendistribusian menyampaikan harapannya, “Kedepan acara ini terus akan dilaksanakan sampai kondisi semakin membaik dan normal seperti sedia kala,” kata Usup.

“Semoga apa yang telah diberikan bisa membantu meringan beban hidup dari para yatim dan dhuafa disekitar lingkungan yayasan bahkan diseluruh binaan yang ada dibeberapa daerah,” imbuhnya.

Sementara itu, Anjang Ketua RT.001 menyampaikan apresiasinya atas kegiatan ini, “Alhamdulillah sangat luar biasa

“ya pak, pertama saya pribadi mau ucapin terima kasih kepada pengurus yayasan dan seluruh anggotanya , karena Yayasan Rindang sudah membantu meringankan kebutuhan hidup warga kami,” kata Anjang.

Anjang berharap Rindang kedepannya semakin sukses tentunya kepada seluruh yang terlibat baik donaturnya ataupun pengurus semoga selalu diberi kesehatan.

Dais Ketua Rw 013 mengucapkan terimakasih kepada Yayasan Rindang Indonesia dan donator ini sangat bermanfaat sekali untuk warga kami terimakasih atas perhatiannya dalam pendistribusian sembako semoga kita semua dalam lindungan Allah SWT.

Muzammil selaku Babinsa dan Sholeh Yulianto Binmas Jati Makmur juga turut serta dalam kegiatan tersebut.

Dalam sambutannya Muzammil menyampaikan apresiasi yang besar kepada Yayasan Rindang Indonesia yang sudah mengikuti aturan pemerintah untuk tidak mengumpulkan massa dalam kegiatan santunan.

“Ini kegiatan yang sangat bagus, membantu masyarakat yang sekarang dalam kondisi karantina wilayah, semoga pembagian paket sembako ini mampu meringankan beban bagi masyarakat khususnya yatim dan dhuafa,” ucap Muzammil.

Merupakan kewajiban kami selaku babinsa untuk mengawal dan mensukseskan segala apa yg menjadi tujuan dan program dr yayasan Rindang Indonesia.

“Do’a kami untuk Rindang Indonesia semoga para pengurus yayasan selalu sehat wal afiat dalam lindungan Allah SWT dan mendapatkan barokah dari Allah swt,” ucapnya.

Ringankan Beban Warga Terdampak Covid-19, Yayasan Rindang Gelar Baksos Door to Door
Ketua Umum Yayasan Rindang Indonesia Adhie Pamungkas, SH saat meninjau pembangunan asrama yatim di Bekasi. Foto : Humas RIF

Sementara itu, Ketua Umum Yayasan Rindang Indonesia, M Adhie Pamungkas, SH, mengungkapkan, “Kami bersyukur bisa ikut ambil bagian untuk peduli mendistribusikan sekira 450 paket kebutuhan pokok terhadap masyarakat terdampak wabah covid19 ini seperti para yatim piatu, dhuafa, pedagang kecil, dan petugas sekuriti serta memberikan peralatan disinfektan dan fogging untuk kepentingan umum melalui pengurus RW 013 Jatirahayu Pondok Melati ini.”

Adhie lebih lanjut mengatakan, kami melakukan ini untuk menumbuhkan rasa kesetiakawanan sosial karena dalam kondisi sulit seperti ini seyogyanya semua elemen harus terus bersatu padu untuk melakukan apapun yang dapat meringankan beban masyarakat terdampak wabah ini, karena ini merupakan tanggung jawab kita bersama bukan hanya tanggung jawab pemerintah.

Ia juga memberikan apresiasi kepada para sahabat jurnalis dengan memberikan dukungan bahan pokok dan vitamin karena sehari hari terlibat langsung di garda terdepan memberikan edukasi dan informasi yang akurat kepada masyarakat tentang bagaimana menyikapi kondisi wabah ini dengan bijak dan selalu menangkal hoaks yang banyak beredar.

“Semoga kegiatan yang kita lakukan ini menjadi berkah dan syiar serta mampu mengetuk para dermawan untuk terus sama sama berbagi kepada mereka yang membutuhkan perhatian,” tandasnya.