Trans Patriot Stop Layanan, Permenkes PSBB : Transportasi Umum Dikecualikan dari PSBB

Trans Patriot Stop Layanan, permenkes PSBB : Transportasi Umum Dikecualikan Dari PSBB (foto :google.com)
Trans Patriot Stop Layanan, permenkes PSBB : Transportasi Umum Dikecualikan Dari PSBB (foto :google.com)

Terkini.id, Bekasi – Pada tanggal 23 Maret 2020,Pemerintah Kota Bekasi (Pemkot Bekasi) resmi menghentikan sementara operasional bus transpatriot. Pemkot Bekasi melakukan hal itu guna mencegah penyebaran virus corona di Bekasi secara masif di kota Bekasi.

Namun, pasca terbitnya peraturan Menteri Kesehatan (PERMENKES) No 9 tahun 2020 tentang pedoman pembatasan sosial berskala besar dalam penanganan COVID 19 pasal 13 ayat 10 dinyatakan bahwa pembatasan moda transportasi dikecualikan moda transportasi untuk penumpang baik umum atau pribadi dan hanya berlalu pembatasan jumlah penumpang dan memberlakukan aturan menjaga jarak antar penumpang atau Physical distancing.

Maka jika ditinjau lagi, maka keputusan PEMKOT Bekasi untuk memberhentikan layanan trans patriot sangat bertentangan dengan aturan PERMENKES No 9 tahun 2020karena sudah sepatutnya dalam situasi darurat seperti ini, layanan transportasi umum tetap berjalan normal dan hanya diberlakukan physical distancing (penjarakan fisik) bukan menyetopan layanan transportasi umum seperti yang dilakukan Pemkot Bekasi.

Selain itu dalam PERMENKES No 9 tahun 2020, di pasal 4 ayat 1 disebutkan Gubernur/bupati/walikota dalam mengajukan permohonan Pembatasan Sosial Berskala Besar kepada menteri harus disertai dengan data peningkatan jumlah kasus menurut waktu, penyebaran kasus menurut waktu dan kejadian transmisi lokal. Dan dalam pasal 8 PERMENKES No 9 tahun 2020 sangat jelas bahwa wewenang penetapan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) harus mendapat persetujuan menteri kesehatan.

Dalam PERMENKES No 9 Tahun 2020 dijelaskan juga bahwa semua layanan transportasi penumpang seperti transportssi udara,laut, jalan raya dan kereta tetap beroperasi dalam daerah yang ditetapkan PSBB dan layanan ekpedisi seperti kurir, titipan kilat dan termasuk ojek online (OJOL) harus tetap beroperasi untuk pengangkutan barang.

Maka dari itu pasca terbitnya PERMENKES No 9 tahun 2020, sudah sepatutnya PEMKOT Bekasi mengaktifkan kembali layanan trans patriot sebagaimana yang diatur dalam PERMENKES No 9 tahun 2020

Konten Bersponsor

Berita lainnya

Pelantikan Pengurus MWC dan Ranting NU Kecamatan Medan Satria

Wakil Wali Kota Bekasi Tri Adhianto Masuk Istana, Ada Apa?

Wakil Wali Kota Kirim Paket Bantuan Sembako kepada Anak Yatim Yayasan Esa Qolbu

Dinas Sosial Kota Bekasi Kunjungi Yayasan Pilar Ilmu

Di Tengah Penolakan Massa, Deklarasi KAMI Bekasi Raya Tetap Digelar

Komentar

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar