Pandemi COVID 19, Pemkot Bekasi Imbau Warga Sholat di Rumah

Pandemi COVID 19, Pemkot Bekasi Imbau Warga Sholat di Rumah (bekasikota.go.id)
Pandemi COVID 19, Pemkot Bekasi Imbau Warga Sholat di Rumah (bekasikota.go.id)

Terkini.id, Bekasi – Ketua MUI Kota Bekasi, Mir’an Syamsuri bersama Wali Kota Bekasi, Rahmat Effendi didampingi Kapolres Metro Bekasi, Dandim 0507 Bekasi dan Ketua DMI Kota Bekasi mengimbau warga Kota Bekasi menghormati keputusan pemerintah bersama MUI terkait penyetopan sholat Jumat, hingga 2 minggu kedepan.

Ketua MUI beserta Pengurus MUI menilai saat ini situasi Kota Bekasi sudah siaga virus Corona (COVID 19).

“Kepada saudara-saudara, khususnya umat Islam yang ada di Kota Bekasi, karena saat ini Kota Bekasi dalam kondisi siaga Covid 19, dengan terjadinya penyebaran virus Corona yang sudah amat dahsyat, karena itu sesuai fatwa MUI Nomor 14 Tahun 2020 bahwa untuk pelaksanaan ibadah secara berjemaah, untuk saat ini diharapkan agar supaya melaksanakan di kediaman masing-masing,” kata Mir’an Syamsuri saat konferensi pers di Pendopo Wali Kota Bekasi, Jalan Ahmad Yani, Bekasi Selatan, Jumat (20 Maret 2020).

“Kita bertawakal pada Allah memang dari segala musibah yang ada, namun ikhtiar merupakan kewajiban kita, maka pemerintah Kota Bekasi berharap ke kita agar supaya kita aman, dan selamat dari keadaan yang sangat mengkhawatirkan seperti saat ini,” jelasnya.

Ia juga mengimbau seluruh ulama dan tokoh agama lain memberi edukasi ke masyarakat agar mengerti akan situasi yang terjadi saat ini.

“Atas nama MUI kepada seluruh umat Islam yang ada, para tokoh, para ulama, agar supaya menunda setiap kegiatan-kegiatan yang sifatnya jamaah, baik di masjid, di majelis taklim, dan tempat-tempat lainnya, dalam rangka menjaga masyarakat kita, dan agar kita diselamatkan oleh Allah SWT,” tegasnya.

Sebelumnya, saat rapat bersama para ulama, pagi ini menyepakati kegiatan keagamaan yang sifatnya berkumpul untuk ditunda.

Penundaan itu terjadi hingga dua minggu ke depan.

“Kita menyepakati tadi bahwa kegiatan peribadatan yang diselenggarakan secara bersama-sama di rumah ibadah kita menyepakati untuk ditunda hingga kondisi memungkinkan. Untuk sementara waktu kita lakukan selama dua pekan ke depan. Nanti kita pantau kondisinya dua minggu lagi,” ujar Rahmat.

Ditempat yang sama, Ketua Dewan Masjid Indonesia, Propinsi Jawa Barat, KH. Ahmad Sidiq juga mengimbau agar umat muslim untuk menyelenggarakan kegiatan ibadah dirumah dan mentaati keputusan bersama pemerintah dan MUI.

” Untuk melaksanakan di rumah, karena harus menjaga kesehatan. Ini harus di taati,” tutupnya.

Komentar

Rekomendasi

Perang Lawan COVID 19, Pemkot Bandung Bagikan Vitamin dan Masker Ke Petugas Kebersihan

Terapkan Social Distancing, Pemkot Bekasi Lakukan Rapat Dinas Via Online

Lakukan Penutupan Wilayah, Pemprov Papua Berpotensi Langgar UU Karantina Kesehatan dan Kebijakan Pusat

Perang Lawan COVID 19, Kang Emil Bagikan 1 Juta Masker Ke Puskesmas

PANDEMI COVID 19, Keraton Kasepuhan Cirebon Batalkan Pengajian Malam Kliwon di Makam Sunan Gunung Jati

Jabar Darurat COVID 19, Pemkab Bekasi Ikuti Video Conference Bahas COVID 19 Bersama Kang Emil

Jabar Darurat COVID 19, Pemkab Bekasi Imbau Masyarat Tingkatkan Kewaspadaan Meluasnya COVID 19

Jabar darurat COVID 19, Kang Emil Perintahkan Polisi Tindak Penimbun Masker

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar