Pandemi COVID 19, Command Center COVID 19 Ala Kang Emil Jadi Percontohan Nasional
Komentar

Pandemi COVID 19, Command Center COVID 19 Ala Kang Emil Jadi Percontohan Nasional

Komentar

Terkini.id, Bandung – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Republik Indonesia (RI) Tito Karnavian mengapresiasi terhadap langkah pencegahan dan penanganan COVID 19 yang dilakukan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat (Jabar) dengan membentuk Jabar Command Center (JCC).

Menurut Tito, command center dengan fasilitas lengkap akan mampu menyosialisasikan langkah-langkah pencegahan penyebaran COVID 19 kepada masyarakat luas secara efektif dan optimal.

Dalam agendanya meninjau langsung JCC yang ada di kawasan Gedung Sate itu, Mendagri Tito Karnavian pun berharap agar daerah lain dapat meniru command center milik Pemprov Jabar tersebut.

“Dari paparan command center yang ada, saya terus terang kasih apresiasi tinggi. Saya lihat command center sudah terbentuk. (Ini) command center yang tetap ada sumber daya manusia, pembagian tugas, ada peta, ada aplikasi yang bisa diunduh, bahkan ada sistem yang menghububgkan ke 50.000 RW,” ucap Tito dalam konferensi pers penanganan COVID-19 di Gedung Sate, Kota Bandung, Rabu (18 Maret 2020).

“Saya berharap kepala daerah lain bisa bikin command center sendiri seperti yang dimiliki oleh Pemprov Jabar. Bisa meniru Jabar” tegasnya.

Baca Juga

Selain JCC, Tito pun mengapresiasi inisiatif Gubernur Jabar Ridwan Kamil yang aktif merumuskan langkah-langkah proaktif untuk mengantisipasi penyebaran COVID 19 dengan membentuk organisasi penanggulangan COVID-19 yang melibatkan lintas sektoral sebagai langkah edukasi, deteksi, hingga mitigasi.

“Saya juga kasih apresiasi sama gubernur (Ridwan Kamil), sudah antisipasi sejak awal, persiapan kalau Covid (COVID-19) masuk Jabar. Kemudian edukasi, mitigasi, dan terjadinya lonjakan secara eksponensial,” ujar Tito.

Dalam upaya pencegahan COVID 19 di Jabar, JCC yang dimiliki oleh Pemprov Jabar merupakan markas Pusat Informasi dan Koordinasi COVID-19 Jawa Barat (PIKOBAR).

Adapun warga Jabar bisa mengakses informasi berkaitan dengan COVID 19 hingga peta persebarannya melalui situsweb pikobar.jabar.go.id.