Pemerintah China Turun Tangan Bantu Italia Hadapi COVID 19

Pemerintah China Turun Tangan Bantu Italia Hadapi COVID 19 (cgtn.com)
Pemerintah China Turun Tangan Bantu Italia Hadapi COVID 19 (cgtn.com)

Terkini.id, Roma – Italia menuding Uni Eropa dan negara-negara anggotanya tidak menanggapi panggilan darurat Italia untuk memastikan pasokan tambahan peralatan medis di tengah meluasnya penyebaran COVID 19.

Italia mengharapkan Uni Eropa dapat mengambil tindakan darurat untuk mencegah makin meluasnya penyebaran COVID 19.

Pemerintah Italia telah meminta uni Eropa untuk mengaktifkan mekanisme perlindungan sipil Uni Eropa untuk memberikan pasokan peralatan medis untuk perlindungan individu warga Italia.

Tetapi sayangnya, Uni Eropa tidak menanggapi permintaan darurat dari pemerintah Italia itu. Dikatakan oleh Duta Besar Italia, “Hanya China yang merespons secara bilateral. Tentu saja ini bukan pertanda solidaritas Eropa,” kata Duta Besar Italia untuk Uni Eropa, Maurizio Massari.

“Kita harus memastikan, di bawah koordinasi Uni Eropa, pasokan peralatan medis yang diperlukan dan redistribusi di antara negara-negara dan wilayah yang paling membutuhkan” desak Massari.

Italia terdampak paling keras oleh COVID 19 di luar China dengan kasus yang dipastikan mencapai 10.000 kasus pada hari Selasa, 10 Maret 2020.

Ini memperketat tindakan penguncian nasional pada hari Rabu 11 Maret 2020, dengan menutup sarana umum dan pusat perbelanjaan setelah angka kematian melonjak 31 persen, peningkatan harian tertinggi dalam kematian di negara mana pun sejak wabah COVID 19 dimulai.

Menanggapi panggilan darurat dari Italia, China setuju untuk mengirim lebih dari dua juta masker wajah dan sekitar 10.000 ventilator paru-paru, 20.000 pakaian pelindung, bersama dengan 50.000 kit uji COVID 19 ke Italia berdasarkan perjanjian bilateral yang ditandatangani antar dua menteri luar negeri dari China dan Italia pada hari Selasa, 10 Maret 2020.

Pemerintah China juga mengirim tim ahli medis ke Italia untuk membantu memerangi epidemi berdasarkan permintaan dari Italia.

Di tengah kritik terhadap kurangnya solidaritas Uni Eropa dengan Italia, Austria dan Slovenia pada hari Selasa (10 Maret 2020) menyatakan bahwa mereka akan menutup perbatasan mereka dengan Italia sementara Jerman dan Prancis termasuk di antara negara-negara Uni Eropa yang telah memberlakukan batasan pada ekspor peralatan medis pelindung untuk Italia.

Komentar

Rekomendasi

Pandemi COVID 19, Pemerintah Filipina Umumkan Lockdown di Manila

Darurat COVID 19, China Siap Pimpin Aksi Global Tangani Penyebaran COVID 19

Fokus Tangani COVID 19, Presiden China Batalkan Kunjungan Keluar Negeri

Italia Darurat COVID 19, Pemerintah Italia Tutup Seluruh Sekolah Guna Cegah Meluasnya COVID 19

Meningkat Jadi 4.812 Kasus Covid 19, Pemerintah Korea Selatan Siaga 24 Jam Hadapi Lonjakan Korban Covid 19

Tembus 90 Ribu Korban , WHO Prediksi Wabah Covid 19 Lebih Parah Di Luar China

Lawan Covid 19, UN Siapkan Dana US $ 15 juta Untuk Bantu Negara Terdampak

Hentikan Wabah Covid 19, Presiden China Xi Jinping Kebut Penyelesaian Vaksin Covid 19

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar